..

..

Whois Online?

Tuesday, October 28, 2014

Dubbing Video dengan Nuendo dan Pinacle

Dubbing video sesungguhnya sangat mudah dilakukan. Dubbing video dapat dilakukan dengan software Nuendo, sebuah software post production untuk audio. Sudah menjadi rahasia umum bahwa Nuendo sangat powerfull digunakan untuk produksi audio, termasuk arransement lagu dan lain-lainnya. Untuk melakukan dubbing video, kita harus membuat komposisi videonya lebih dulu di software lainnya, karena Nuendo tidak memiliki fasilitas untuk membuat komposisi video. Nah dalam kasus ini saya contohkan software Pinancle. Tampilan edit video dengan software pinacle dapat anda lihat pada gambar di bawah ini.


Tampilan Edit Video dengan Software Pinacle

Setelah pembuatan komposisi video dengan Software Pinacle selesai, kemudian export software dalam format AVI atau MPEG-4. Saya rekomendasikan format MPEG-4 saja karena filenya akan lebih kecil sementara kualitas datanya relatif sama.

Setelah itu import data ke Neundo, dan lakukan playback video sekaligus lakukan perekaman audio, sama seperti waktu anda take vokal atau buat arransement lagu dengan Nuendo.

Tampilan Dubbing Video dengan Nuendo

Setelah dubbing audio selesai, lakukan edit dan mixing audio, agar dihasilkan kualitas dan mixing audio yang sesuai dengan kebutuhan. Setelah itu lakukan mix-down ke dalam format WAV. File hasil mixing kemudian dimport ke software Pinacle untuk kemudian dilakukan rendering dengan file video yang sudah disiapkan sebelumnya.

Contoh hasilnya dapat anda lihat di bawah ini.



atau video yang ini:



Kalau sudah bisa mengerjakan ini. Bisnis PH tinggal selangkah lagi ... :)


Selamat mencoba ... .. Otsukaresama deshita !


No comments: